Sejarah Singkat Bani Isroil 11 – 15

by pikojogja

11. Bani Isroil diperintahkan memasuki bangsa Kan’an, namun orang-orang Yahudi menolaknya dan menyuruh suku lain untuk memasukinnya. Akibatnya, bani Isroil dihukum sehingga tersesat di Padang Tih selama empat puluh tahun. Pada masa itu wafatlah Nabi Harun ‘alayhissalam dan tak lama kemudian Nabi Musa alayhissalam pun wafat dalam usia 120 tahun. Kepemimpinan bani Isroil kemudian dipegang oleh Nabi Yusya bin Nun alayhissalam.

Padang Tih, Bukit Sinai, Mesir

12. Tholut (Saul) berhasil memimpin tentaranya memasuki negeri Kan’an. Menantu Tholut yakni Nabi Daud alayhissalam berhasil membunuh Jalut (Goliath).

13. Tholut diangkat menjadi Raja Bani Isroil, dan kelak dilanjutkan oleh Nabi Daud alayhissalam yang memerintah berdasarkan hukum Taurat dan Zabur.

14. Nabi Daud alayhissalam digantikan oleh putranya Nabi Sulaiman alayhissalam (975-935 SM). Pada masanya dijalin hubungan dengan negeri Saba’, Mesir, dan negeri-negeri bertetangga. Nabi Sulaiman alayhissalam mendirikan Masjid Al Aqsho yang disebut Haikal Sulaiman oleh orang Yahudi. Ahli sejarah agama berpendapat bahwa Masjidil Aqsho yang didirikan oleh Nabi Sulaiman alayhissalam itu merupakan turunan dari Masjidil Aqsho yang didirikan oleh Nabi Ibrohim alayhissalam, empat puluh tahun setelah didirikan Masjidil Haram. Masjidil Aqsho pada zaman Nabi Ibrohim alayhissalam kemungkinan masih berupa sebuah kemah di Ursyalim. Dalam pengembaraannya, Nabi Ya’qub alayhissalam cucu Nabi Ibrohim alayhissalam melewati Sakhur. Ketika melewati Ursyalim, ia mendirikan kemah dan membangun masjid sederhana di atas tanah yang dulu ditinggalkan oleh Nabi Ibrohim alayhissalam, setelah membelinya dari Syakim bin Jamur. Masjid yang telah dibangun setengah permanen itu ditinggalkan karena berhijrah ke Mesir. Masjid ini mengalami kehancuran karena dimakan usia.

15. Sepeninggal Nabi Sulaiman alayhissalam, kerajaan Bani Isroil terpecah menjadi dua:

  • Kerajaan Yudea yang beribu kota di Yerusalem. Rahbeam diangkat menjadi raja karena dianggap pewaris pusaka Bani Isroil. Kerajaan Yudea didukung bangsa Yahudi dan bangsa Benyamin.
  • Kerajaan Isroil yang beribu kota di Samaria dan didukung oleh sepuluh suku bangsa Isroil.

Sumber: A.D. el Marzdedeq, Jaringan Gelap Freemasonry hal 4 -5.

Sumber gambar: desert-divers.com

About these ads